Sabtu, 05 November 2011

Albert Fert dan Peter Gruner

Albert Fert

Albert Fert (lahir di Carcassonne, Aude, Perancis, 7 Maret 1938; umur 73 tahun) adalah fisikawan Perancis dan penemu efek GMR (Giant Magnetoresistance) yang membawa terobosan dalam gigabita cakram keras. Ia merupakan pengajar di Université Paris-Sud di Orsay dan direktur sains pada laboratorium bersama (Unité mixte de physique) antara Centre national de la recherche scientifique (Pusat Penelitian Nasional) dan Thales Group. Bersama Peter Grünberg, ia berhasil memperoleh Penghargaan Nobel dalam Fisika 2007.

----------------------------------------------------

fisik@net (ISSN 2086-5325) http://www.fisikanet.lipi.go.id

Albert Fert Dan Peter Gruenberg Menangkan Hadiah Nobel Fisika

Albert Fert dari Perancis dan Peter Gruenberg dari Jerman berhasil memenangkan Hadiah Nobel Fisika Selasa atas penemuan mereka tentang "daya tahan dinamo raksasa"., yaitu satu proses yang digunakan oleh jutaan orang pada komputer dan para pemain musik digital.

Teknik yang dikenal sebagai GMR itu telah memperbolehkan industri komputer untuk mengembangkan alat-alat bacaan sensitif bagi informasi yang disimpan dalam hard drives (perangkat keras) pada laptop kecil untuk para pemain video dan musik pribadi yang lengkap dengan keistimewaan-keistimewaannya.

Penerapan dari temuan ini telah merobah teknik-teknik dalam mendapatkan kembali data dari hard disk," demikian kutipan dari isi penghargaan terhadap dua ilmuwan bidang fisika tingkat dunia itu.

"Penemuan itu juga memainkan suatu peran utama dalam berbagai sensor magnit termasuk juga bagi pengembangan suatu generasi elektronik baru."

Dalam kutipan penghargaan itu juga disebutkan bahwa penemuan itu juga dapat dianggap sebagai "salah satu dari penerapan yang real buat pertama kali untuk bidang nanoteknologi yang cukup menjanjikan," demikian tanggapan sebuah Akademi Sains Kerajaan Swadia.

Tahun 1988 Fert dan Gruenberg masing-masing secara bebas menemukan suatu pengaruh bidang fisika yang sama sekali baru, atau yang disebut GMR. Akibat pengaruh itu, berbagai perobahan telah terjadi, yang tadinya hanya berkekuatan lemah namun akhirnya menghasilkan berbagai perobahan yang lebih besar untuk daya tahan listrik.

Penemuan itu mengungkapkan bagaimana informasi yang disimpan secara magnetik dalam suatu hard disk bisa dirobah menjadi sinyal-sinyal listrik yang bisa dibaca komputer.

Sebagai penerima Hadiah Nobel Fisika itu, kedua mereka juga memperoleh hadiah berupa uang tunai sebesar AS$1,5 juta.


Interview with Albert Fert and Peter Grünberg - YouTube

www.youtube.com/watch?v=YhsZIUJqgvQ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar