Kamis, 28 Oktober 2010

percobaan magnet bumi

Magnet Bumi


Masalah : Bagaimana kamu bisa mengukur gaya magnet bumi pada lokasi yang berbeda-beda?


Alat dan Bahan yang Digunakan




:: Selembar kertas hvs l Penggaris l Isolasi l Benang l Paku besi kecil l Kompas l Magnet batang l Pensil l Gunting l Pengatur Waktu::

Prosedur




  1. Gulung kertas dan beri isolasi untuk membuat silinder besar yang terbuka ujungnya. Tempatkan silinder di atas lantai di samping meja kayu.

  2. Magnetisasi paku dengan membentangkannya di atas magnet selama 1 menit atau lebih.

  3. Potong benang sepanjang 1 m, ikat ujung benang di tengah paku yang telah dimagnetisasi tadi.

  4. Isolasi ujung benang yang satu lagi ke pinggir meja sehingga paku tergantung dalam silinder lebih kurang 5 cm di bawah permukaan silinder. Silinder akan menghalangi angin yang akan menggerakkan paku.

  5. Atur kompas di atas lantai dekat silinder.

  6. Gunakan pensil untuk memutar paku dalam arah timur-barat, seperti ditunjukkan oleh kompas.



  1. Minta asisten untuk mulai menghitung waktu ketika paku dilepaskan. Minta asisten kamu memberitahukan jika telah satu menit.

  2. Hitung jumlah osilasi (gerakan satu ke belakang dan ke depan dari ayunan obyek) paku selama satu menit.

  3. Ulangi eksperimen dua kali.



  1. Rata-ratakan hasil dari tiga kali percobaan dengan menambahkan jumlah osilasi semuanya dan bagi jumlahnya dengan tiga.

Contoh:


Percobaan #1


17 osilasi



Percobaan #2


16 osilasi



Percobaan #3


18 osilasi



Total


51 osilasi



Rata-rata; 51:3


17 osilasi


Hasil


Jumlah osilasi paku tergantung pada bagian bumi mana kamu tinggal.

Mengapa?


Bumi sifatnya seperti magnet yang besar, dan ujung-ujungnya merupakan kutub utara dan selatan magnet. Kutub utara dan kutub selatan magnet bumi menarik kutub-kutub magnet yang berayun, seperti jarum kompas. Kutub utara jarum kompas searah dengan kutub utara magnet bumi dan kutub selatan jarum kompas searah kutub selatan magnet bumi. Jumlah osilasi terbentuk oleh magnet yang tergantung, seperti paku yang dimagnetisasi, bervariasi terhadap jarak antara kamu dengan salah satu kutub. Semakin dekat kamu berada dengan satu kutub magnetik, semakin besar osilasi magnet.

Mari Amati !




  1. Apakah ukuran paku yang berbeda-beda mempengaruhi jumlah osilasi? Ulangi eksperimen dua kali, pertama gunakan paku yang lebih kecil, dan kemudian gunakan paku yang lebih besar.

  2. Apakah ukuran benang mempengaruhi osilasi paku? Ulangi eksperimen awal menggunakan tali tipis untuk menggantungkan paku.

  3. Adakah perbedaan kuat medan magnet bumi antara di rumah kamu dengan di rumah tetangga kamu?

Ulangi eksperimen awal pada lokasi yang berbeda-beda, seperti di sekolah atau di rumah teman. Jika kamu mempunyai kesempatan untuk mengadakan perjalanan, bawa bahan-bahan eksperimen dan ukur gaya magnet bumi pada kota yang berbeda. Petunjuk untuk lomba ilmiah: Buatlah peta area tempat kamu melakukan eksperimen, dengan hasil eksperimen dijelaskan di sana. Sebuah pernyataan intisari hasil harus dibuat di bawah peta.

Saatnya Beraksi !




Buat tiruan pengujian medan magnet bumi yang lebih dekat ke kutub magnet dengan meletakkan magnet dekat paku yang tergantung. Hitung osilasi paku terhadap magnet yang berada pada jarak yang berbeda-beda dari paku. Gunakan eksperimen ini sebagai bagian tampilan eksperimen kamu. Ikat benang ke penyangga yang ditempatkan membentang di bagian atas tampilan eksperimen kamu, dengan paku tergantung bebas di tengah. Gunakan magnet untuk memperagakan perubahan kecepatan osilasi ketika kuat medan magnet bertambah.

Amati Ini !




Adakan penelitian khusus pengukuran medan magnet bumi. Dengan bimbingan orang tua kamu atau guru, kamu bisa berhubungan dengan siswa yang secara geografi berbeda lokasinya dengan kamu. Dalam eksperimen sebelumnya, kamu menentukan apakah ukuran paku dan benang mempengaruhi hasil. Gunakan hasil eksperimen ini untuk menuntun asisten lab kamu yang berada di daerah lain tentang jenis material yang dibutuhkan untuk pengujian tersebut. Hasil ini dapat ditampilkan untuk lomba penelitian ilmiah.

sumber :http://www.progriptek.ristek.go.id/webrur/fisika%20magnet%20bumi.htm

------------------

Earth Magnets


Problem: How can you measure the earth's magnetic force at different locations?


Equipment and Materials Used




:: A sheet of paper ruler hvs l l l Yarn l Isolation Spikes small iron rod magnets l l l Compass Pencil Scissors l l Self-timer::

Procedure




1.

Roll up the paper and give the insulation to make a large cylinder that is open ends. Place the cylinder on the floor beside the wooden table.
2.

Magnetization spread it over the nail with the magnet for 1 minute or more.
3.

Cut the yarn along the 1 m, fastening end of the string in the middle of the nail that had been magnetized.
4.

Isolation of one end of the string again to the edge of the table so that the nails depends on the cylinder approximately 5 cm below the surface of the cylinder. Cylinders would block the wind that will drive the nail.
5.

Set the compass on the floor near the cylinder.
6.

Use a pencil to rotate the nail in the east-west direction, as indicated by the compass.





7.

Ask assistant to start timing when the nail is removed. Ask your assistant to tell if you have one minute.
8.

Count the number of oscillations (one movement back and forward from the swing object) nails for one minute.
9.

Repeat the experiment twice.



10.

Yield averaged results from three experiments by adding the number of oscillations it all and for that number by three.

Example:



Experiment # 1




17 oscillations




Experiment # 2




16 oscillations




Experiment # 3




18 oscillations




Total




51 oscillations




Average; 51:3




17 oscillations


Results


The number of spikes depending on the oscillation of the earth where you live.
Why?





Earth are like a big magnet, and the edges are north and south magnetic poles. North pole and south pole of the earth's magnetic poles of magnets attract, swinging, like a compass needle. North pole of compass needle in the direction of Earth's magnetic north pole and south pole of a compass needle in the direction of Earth's magnetic south pole. The number is formed by the magnetic oscillation depends, such as a magnetized nail, varies with the distance between you with one of the poles. The closer you are with a single magnetic pole, the greater the magnetic oscillations.

Let's Watch!






1.

Does the size of the different spikes affect the amount of oscillation? Repeat the experiment twice, first using a smaller nail, and then use a larger nail.
2.

Does size affect the oscillation spikes thread? Repeat the initial experiments using a thin rope to hang nails.
3.

Are there any differences between the Earth's magnetic field strength at your house with your neighbor's home?

Repeat the initial experiments at different locations, such as at school or at a friend's house. If you have the opportunity to travel, take experimental materials and measuring the earth's magnetic force in a different city. Instructions for scientific contest: Make a map of the area where you do the experiment, the experimental results described there. A summary statement of results must be made under the map.

Time for Action!






Create an artificial test Earth's magnetic field is closer to the poles of a magnet by putting a magnet near a nail hanging. Calculate the nail on the magnetic oscillations are at different distances from the nail. Use this experiment as part of your experiment display. Tie the string to a buffer that is placed at the top the view stretches your experiment, with the nails hanging freely in the middle. Use a magnet to demonstrate the change in speed of oscillation when the magnetic field increases.


Watch This!






Conduct special studies measuring the earth's magnetic field. With the guidance of your parents or teacher, you can relate to students in different geographic location with you. In a previous experiment, you determine whether the size of the nail and string affect the results. Use these experimental results to guide your lab assistant who was in another area about the type of material required for the test. These results can be displayed for the race of scientific research.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar