Kamis, 30 September 2010

Fisika bangunan

INTERIOR BANGUNAN,
VENTILASI ALAMI DAN BUATAN, PENCAHAYAAN ALAMI DAN BUATAN,AKUSTIK ALAMI DAN AKUSTIK BUATAN


Ventilasi Alami

Setiap rumah tinggal seharusnya mempunyai minimal satu ruangan yang nyaman sehingga dapat digunakan untuk beristirahat total, terutama apabila sedang sakit. Bila dimungkinkan, ruang-ruang untuk bersantai danberistirahat, seperti ruang keluarga dan kamar tidur, diletakkan di daerah yang terlindung dari panas matahari sore hari, oleh karena ruangan di atas sebaiknya di letakkan di sisi barat.
Dinding perlu terlindung dari sinar matahari langsung, oleh karena itu pakailah tritisan untuk melindungi dinding, apabila rumah bertingkat sebaiknya rumah tinggal yang berada di lantai atas menggunakan beranda selain gunanya untuk beristirahat, duduk-duduk di lantai atas memandang pemandangan, berguna juga untuk mencegah jatuhnya air hujan di dinding di bawahnya. Beri juga saluran air dan pipa paralon yang dihubungkan sampai di tanah agar tidak terjadi tetesan air dari atas genting kemudian memantulkan tanah dan mengotori dinding. Dihalaman depan sebaiknya diberi tanaman yang teduh, seumpamanya tidak memiliki halaman yang luas bisa menanam tanaman yang agak tinggi dan rimbun daunnya di dalam pot, misalnya pohon beringin dalam pot, atau tanaman buah seperti mangga dalam pot.
Langit-langit diperlukan untuk meresap panas matahari atau bisa juga memantulkan panas matahari, agar ruangan menjadi sejuk, sebaiknya berbahan kayu tipis yang merasap panas atau beton yang memantulkan panas.
Volume ruangan, volume ruangan yang cukup luas dapat menimbulkan suasana kesejukan, seumpamanya memiliki rumah yang tidak terlalu luas maka perlu meng-akali-nya dengan memiliki langit-langit yang tinggi sehingga melancarkan sirkulasi udara dalam ruangan yang sempit .
Usahakan ada tiga lubang pada sisi sisi dinding di berbagai penjuru.Diperbatasan ruangan atau dinding pemisah antar ruangan selain ada pintu harus ada jendela, misalnya ruangan tamu dan ruangan keluarga yang di batasi dinding dan diberi pintu ditambah juga jendela untuk sirkulasi udara. Pintu dapur atau pintu depan harus ada jendela yang memasuk dan mengeluarkan udara dari luar rumah. Lubang di atas langit-langit, misalnya di dapur untuk melancarkan udara atau pemanasan saat memasak. Lubang di bawah, misalnya saluran pembuangan air, agar ruangan tidak lembab.

Ventilasi Buatan

Pengkondisian udara sebenarnya bukan untuk menurunkan suhu (cooling), tetap juga menaikan suhu (heating). Kipas angin listrik (electric fan) tidak menurunkan suhu udara tetapi hanya menggerakkan udara. Pemasangan Air Conditioner (AC), lebih efektif untuk pengkondisian suhu ruangan.

Pencahayaan Alami

Manusia memerlukan cahaya matahari, dengan ventilasi yang baik selain melancarkan sirkulasi udara dapat juga memberi penerangan yang cukup baik di saat siang hari. Genting kaca di beranda depan rumah, genting kaca di samping rumah, juga genting kaca di beranda belakang rumah agar cahaya maksimal masuk ke dalam rumah, jendela kayu pun di berikan kaca agar ruangan-ruangan di dalam rumah menjadi terang, bisa juga dengan kaca berwarna-warni agar efek pencahayaan ruangan menjadi lebih berwarna indah.

Pencahayaan Buatan

Pada malam hari, tidak terdapat cahaya matahari, hanya cahaya bulan yang tidak cukup terang, oleh karena itu, perlu adanya cahaya lampu, sebaiknya setiap ruangan di berikan lampu neon tidak panas dan cahayanya tidak menyilaukan bila ditatap. Di beranda rumah sebaiknya lampunya lebih terang dan lampu pijar, agar ruangan tamu tak terlihat dari luar rumah dan lampu pijar sedikit berefek mengusir nyamuk dan lalat. Diruang makan atau ruangan keluarga boleh ditambahkan lilin di tempatkan pada kaca kristal, selain mengusir nyamuk juga berfungsi untuk menimbulkan redup dan rasa nyaman. Pada ruangan tidur, sebaiknya pencahayaannya membentuk sudut, atau cahayanya dipantulkan dahulu ke dinding-dinding kamar, agar berkesan redup dan tenang. Ruang kerja, dapur, dan kamar mandi, disarankan jangan memantulkan cahaya kedinding agar tak membuat bayangan jatuh di hadapan kita, disarankan lampu berwarna putih agar tampak jelas, bersih, dan rapi.

Akustik Alami

Penataan bunyi sangat diperhatikan untuk rumah hunian, agar tidak terjadi pemantulan suara, efek dengung pada ruangan, sehingga terjadi bising. Dinding rumah dan genting rumah dengan bahan semen dan batuan diimbangi dengan interior dari kayu untuk meresap suara yang dipantulkan oleh dinding dan langit-langit, atau memvariasikan dinding batu dengan langit-langit kayu untuk meresap bising ruangan. Apabila diruangan keluarga yang volumenya luas dengan langit-langit yang tinggi maka akan terjadi bising, bisa kita akali dengan lantai berlapis kayu atau penambahan karpet. Untuk ruangan kerja, perlu suasana yang lebih menenangkan dan meredam suara, maka dinding-dindingnya bisa dilapisi wallpaper berbahan kayu atau kertas.

Akustik Buatan

Pada awalnya akustik buatan hanya bertujuan untuk memperkeras suara ketika di depan kalayak ramai, baik diluar area gedung atau di dalam gedung yang sangat penuh penonton dan musik. Tapi saat ini akustik buatan berguna sebagai filter suara bising yang mengganggu ambang normal pendengaran manusia. Mikrofon di pasang di sekitar sumber bunyi, misalnya televise dan radio, atau alat-alat audio lainnya, mikrofon akan menangkap suara yang menimbulkan bising dan mengeluarkan suara yang ingin kita dengar dengan sangat indah dan jernih. Pengaturan jarak speaker juga harus diperhatikan, walaupun sudah difilter suara bising, namun kita tetap mengatur jarak dengan sumber bunyi.

sumber : buku fisika bangunan.prasasto satwiko
-------------------
PHYSICS BUILDING
INTERIOR BUILDING,
NATURAL AND ARTIFICIAL VENTILATION, LIGHTING NATURAL AND ARTIFICIAL, NATURAL ACOUSTIC AND ACOUSTIC MADE

Natural Ventilation

Every house should have at least one comfortable room that can be used to rest completely, especially if you're sick. When possible, the spaces for relaxing danberistirahat, such as living rooms and bedrooms, are laid in an area protected from the hot afternoon sun, so the room above should be in place on the west side.
The walls need to be shielded from direct sunlight, so wear tritisan to protect the wall, if it should storey residential house located on the upper floor using the porch in addition to use for resting, sitting upstairs looking at the scenery, is useful also to prevent the fall of water rain on the wall underneath. Give also paralon drains and pipes connected to the ground to prevent water droplets from the roof and then reflect the soil and contaminate the wall. Front yard should be a shade plant, for instance does not have a large yard can be a rather tall plant crops and lush leaves in the pot, such as the banyan tree in a pot, or fruit crops like mango in the pot.
The ceiling is necessary to heat sink the sun or it could also reflect the sun's heat, for a cool room, preferably made of thin wood merasap heat or heat-reflecting concrete.
Volume of the room, the volume of space that is wide enough to create an atmosphere of coolness, for instance have a house that is not too large it is necessary to akali it by having a high ceiling so the air circulation in a narrow room.
Try to have three holes on the side of the wall in various penjuru.Diperbatasan room or wall of separation between the room other than a door had no window, such as living room and family room on the wall and given a pintu limit plus also a window for air circulation. The kitchen door or the front door had a window put and remove the air from outdoors. The hole in the ceiling, for example in the kitchen to launch air or heating while cooking. The hole in the bottom, such as sewers, so room is not humid.

Artificial Ventilation

Air conditioning is not to lower the temperature (cooling), remains also raise the temperature (heating). Electric fan (electric fan) did not lower the air temperature but only move the air. Installation of Air Conditioning (AC), more effective for conditioning the temperature of the room.

Natural Lighting

Humans need sunlight, with good ventilation in addition to air circulation can also provide adequate lighting both in the daylight. Genting glass on the front porch of the home, glass tiles on the side of the house, as well as glass tiles on the porch behind the house for maximum light into the house, window glass timber was given for the rooms in the house into the light, can also with colored-glass colors for the room lighting effects become more beautiful color.

Artificial Lighting

At night, there was no sunlight, just light the moon is not bright enough, therefore, necessary to light the lamp, preferably every room in neon lights do not provide heat and light is not blinding when staring. On the porch lights should be brighter and incandescent lamps, for guest room not visible from outside the home and small incandescent effect repel mosquitoes and flies. Dining room or family room may be added candles placed on the glass crystal, in addition to repel mosquitoes also serve to generate dim and a sense of comfort. In sleeping rooms, lighting should form an angle, or reflected light first into the walls of the room, so memorable is dim and quiet. Work space, kitchen and bathroom, are advised not to reflect light so as not to make kedinding shadows fall in front of us, it is suggested white lights to appear clear, clean, and tidy.

Natural Acoustics

The arrangement sounds very concerned for the dwelling house, in order to avoid sound reflection, reverberation effect in the room, resulting in noise. Walls and roof houses with cement and rock materials balanced with the interior of the timber to soak the sound reflected by walls and ceilings, or varying the stone wall with wooden ceiling to permeate the room noisy. If large volume diruangan family with a high ceiling, there will be noisy, can we akali with layered wood flooring or the addition of carpet. For indoor work, need a more soothing atmosphere and muffle the sound, then the walls can be covered with wallpaper made from wood or paper.

Custom Acoustics

At first artificial acoustic only aims to amplify the sound when in front of the general public, both outside the building or area within the building is full of audience and music. But this time is useful as an artificial acoustic noise filters that interfere with the normal threshold of human hearing. Microphone in pairs around the sound source, such as television and radio, or other audio equipment, microphones will capture the sounds that cause noise and a sound that we want to hear a very beautiful and clear. Setting the speaker distance should also be considered, although the noise is filtered out, but we continue to set the distance to the sound source.

source: building physics book.prasasto satwiko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar