Jumat, 03 Desember 2010

Extensometer Manual

Extensometer manual ini dibuat untuk menggantikan alat konvensional yang berwujud papan kayu (board) yang sebelumnya biasa dipergunakan untuk mengukur besarnya jarak retakan tanah (crack). Kelemahan utama dari penggunaan papan kayu sebagai alat pendeteksi dan pengukur pergerakan tanah tersebut adalah papan kayu tersebut hanya dapat mendeteksi dan mengukur gerakan tanah secara horizontal saja. Sedangkan pola dan arah pergerakan tanah yang terjadi dapat bergerak secara vertikal maupun diagonal. Dengan membandingkan segi kepraktisan, extensometer manual sangat mudah dibawa, mudah dipasang, dan mudah dipindahkan apabila lokasi pemasangan dirasa kurang potensial terjadi longsor.

Untuk dapat membantu masyarakat dalam mewaspadai adanya pergerakan permukaan tanah yang berpotensi menimbulkan bencana tanah longsor, maka extensometer manual tersebut di modifikasi dengan menambahkan beberapa perangkat elektronik dan perangkat lain yang dapat memberikan tanda peringatan terhadap adanya bahaya, sehingga masyarakat dapat menyelamatkan diri sebelum timbul korban jiwa ketika terjadi bencana tanah longsor. Instalasi elektronik berupa alarm dan panel elektronik merupakan salah satu modifikasi yang dapat membantu dalam sistem peringatan dini terhadap bahaya longsor. Alarm dipasang pada tingkat tertentu yang sekiranya dianggap cukup membahayakan dapat memberikan tanda peringatan kepada masyarakat yang tinggal di daerah sekitar lokasi pemasangan extensometer. Beberapa modifikasi lain yang dilakukan pada extensometer manual adalah menambahkan suatu alat yang disebut anglemeter dan kompas. Anglemeter berfungsi sebagai alat untuk membaca besarnya kemiringan tanah yang terjadi akibat adanya pergerakan tanah, sedangkan kompas berfungsi untuk mengetahui arah pergerakan tanah.

FUNGSI

  1. Mengidentifikasi adanya pergerakan tanah yang berpotensi menyebabkan longsor, baik pergerakan secara horizontal, maupun pergerakan diagonal
  2. Mengetahui tingkat kemiringan pergerakan tanah yang dapat dilihat dari anglemeter
  3. Mengetahui arah pergerakan tanah yang dapat dilihat pada arah wire nylon yang melintang dibawah kompas
  4. Memberikan tanda peringatan kepada masyarakat sekitar lokasi pemasangan alat akan adanya bahaya melalui sirine apabila terjadi pergerakan tanah yang dianggap cukup membahayakan

Ekstensometer Manual
Gambar extensometer manual dengan sirine

Ekstensometer Manual
Gambar extensometer manual yang terpasang di daerah rawan longsor

Ekstensometer Manual
Gambar skema pemasangan alat

Extensometer merupakan suatu alat yang digunakan dalam sistem peringatan dini terhadap bahaya longsor yang sering terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Extensometer berfungsi sebagai alat pendeteksi dan pengukur adanya pergerakan ataupun pergeseran permukaan tanah.

sumber :http://www.ews-ugm.com/peralatan/extensometer-manual/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar