Sabtu, 17 Oktober 2009

Besaran dan Satuan

BESARAN DAN SATUAN


A.Besaran dan Satuan
Tugas 1 Kelompok
Diskusikan
Apa pengertian besaran, satuan, besaran pokok dan besaran turunan

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat di ukur dengan alat ukur dan nilainya dapat dinyatakan dengan angka. Satuan adalah pembanding dalam suatu pengukuran

Klasifikasi Besaran
Besaran fisika, yang selanjutnya disebut besaran dibedakan menjadi dua, besaran pokok dan besaran turunan.

1. besaran pokok
besaran pokok, yaitu besaran yang satuannya didefinisikan sendiri berdasarkan hasil konferensi Internasional mengenai berat dan ukuran.

Berdasar hasil Konferensi Umum mengenai Berat dan Ukuran ke-14 tahun 1971, Sistem Internasional disusun mengacu pada tujuh besaran dasar di bawah ini:

2. besaran turunan.
Adalah besaran-besaran lain yang diturunkan dari besaran pokok, misalnya: volume, massa jenis, kecepatan, gaya, usaha dan masih banyak lagi



Tugas 2 Kelompok
Desa Sukatani yang luasnya 12 hektar memiliki 27 kepala keluarga dengan jumlah total penduduk 143 orang. Desa ini memiliki areal sawah sebesar 2/3 dari luas wilayahnya, dengan pendapatan per kapita dari sektor pertanian sebesar Rp. 60.000.000,00 tiap tahunnya. Desa ini mengalami 3 kali panen dalam 1 tahun. Makmurnya desa ini ditandai dengan listrik yang merata. Jalan utama Desa Sukatani yang sepanjang 10 km telah dipasang penerangan listrik tegangan 220 volt.
Dari gambaran diatas, manakah yang merupakan besaran fisika? Kemudian, klasifikasikan menjadi besaran pokok atau besaran turunan!

B. Sistem Internasional (SI )

Tugas 3 Kelompok


No
Nama Peserta Didik Panjang meja
( jengkal ) Panjang meja
( cm ) Lebar meja
( jengkal ) Lebar meja
( cm )
1
2
3
4
5
6

Syarat – syarat :
1) satuan selalu tetap, artinya tidak mengalami perubahan karena pengaruh apapun, misalnya suhu, tekanan dan kelembaban.
2) bersifat internasional, artinya dapat dipakai di seluruh negara.
3) mudah ditiru bagi setiap orang yang akan menggunakannya.
Pada tahun 1960, Sistem Metrik dipergunakan dan diresmikan sebagai Sistem Internasional (SI). Penamaan ini berasal dari bahasa Perancis Le Systeme Internationale d’Unites.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar